7 Tips Memulai Jualan Foto di Internet yang Bisa Bikin Cuan, Catat!



Tips Memulai Jualan Foto di Internet yang Bisa Bikin Cuan

Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat di era sekarang ini, masyarakat bisa memanfaatkan internet untuk menambah penghasilan yang dimiliki. Salah satu caranya yaitu berjualan foto di internet. Iya, foto-foto random yang anda ambil ternyata bisa dijual untuk memperoleh keuntungan. Tentunya anda perlu mengetahui tips memulai jualan foto di internet terlebih dahulu untuk itu.

Ketika dilakukan dengan cara yang tepat, maka berjualan foto di internet seperti ini ternyata bisa mendatangkan cuan yang cukup besar. Apalagi situs atau platform yang tersedia untuk berjualan foto juga ada banyak sekali. Tidak perlu berlama-lama, yuk catat tipsnya berikut.

Tips Menjual Foto di Internet

1. Ketahui Syaratnya

Jika anda ingin mendapatkan keuntungan dari menjual foto yang dimiliki di internet, maka anda perlu mengetahui terlebih dahulu syarat-syaratnya. Secara umum, ada beberapa syarat yang perlu anda penuhi sebagai penjual foto. Pertama terkait kepemilikan hak cipta, pastikan bahwa foto yang anda jual memang milik sendiri dan tidak melanggar hak cipta milik orang lain.

Apabila foto yang dijual memuat properti atau orang di dalamnya, maka akan lebih baik jika anda sudah memiliki izin dari orang yang bersangkutan. Kualitas dari foto tersebut juga harus diperhatikan, tidak buram serta memenuhi standar kualitas dari situs atau platform yang digunakan untuk menjualnya.

Nantinya anda pun perlu melakukan pengisian metadata yang lengkap, mulai dari judul untuk foto, kata kunci, serta deskripsinya. Ini akan membantu para pembeli untuk menemukan foto anda yang dijual di platform. Perlu diketahui bahwa masing-masing situs mungkin memiliki syarat yang berbeda, jadi pastikan anda mencari tahu ketentuannya di situs terkait.

2. Menentukan Niche Fotografi

Setelah mengetahui syarat-syarat yang diperlukan, tips memulai jualan foto di internet berikutnya yaitu anda perlu menentukan niche fotografi. Meskipun anda bebas mengambil foto apa saja, namun akan lebih baik apabila memilih spesialisasi. Menentukan niche tertentu akan membantu anda menemukan audiens yang tepat dan menarik calon pelanggan.

Sebagai pemula, anda bisa melakukan eksperimen dengan berbagai gaya fotografi terlebih dahulu. Mulai dari foto orang, alam, makanan, arsitektur, objek tertentu, hingga foto bertemakan kantor yang menggambarkan niche bisnis.

Dari eksperimen tersebut, anda bisa tahu spesialisasi anda di niche yang mana. Selain itu, pertimbangkan pula tren fotografi yang populer di pasaran. Mengikuti tren akan memberi keuntungan tersendiri karena itulah yang sedang dibutuhkan dan dicari oleh konsumen.

3. Pilih Platform Jual Foto Online

Berikutnya, tentukan di platform mana anda ingin menjual foto yang sudah diambil. Seperti telah disinggung sebelumnya, kini situs atau platform yang menyediakan layanan jual foto sudah ada banyak sekali. Anda bisa ikut serta dalam komunitas marketplace atau mengandalkan agensi stok foto untuk menjualnya. 

Ada dua kategori platform eCommerce secara umum untuk berjualan foto online, yakni website fotografi stock dan non stock. Website fotografi stock seperti Getty Images adalah pilihan yang populer karena caranya mudah. Sebab web hosting, penjualan, hingga marketingnya akan ditangani oleh website terkait.

Akan tetapi, hasil penjualan foto nantinya harus dibagi kepada platform dan anda pun harus mematuhi berbagai aturan yang dimiliki oleh platform tersebut. Sementara website fotografi non stock memberikan keleluasaan dalam menjual foto. Selama mengikuti pedoman komunitas, maka anda bisa bebas mengontrol gambar dan branding yang dibangun.

4. Optimalkan SEO

Mengoptimalkan SEO dapat menjadi tips memulai jualan foto di internet yang perlu diterapkan. SEO atau search engine optimization ini adalah teknik yang digunakan untuk mengoptimasi konten dengan menggunakan keyword. 

Dengan SEO yang tepat, maka foto anda bisa muncul di bagian atas pada situs saat pengguna mencari foto menggunakan kata kunci tertentu. Sehingga target audiens akan lebih mudah menemukan foto tersebut, jadi kemungkinan foto terjual juga akan lebih besar. 

Jadi sebelum mengupload foto di website, pastikan anda sudah melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Gunakan kata kunci yang relevan dengan foto yang anda unggah, dan sertakan kata kunci tersebut dalam judul maupun deskripsi foto.

5. Menentukan Harga

Menentukan harga suatu produk adalah hal yang penting, tidak terkecuali saat anda berjualan foto di internet. Tips memulai jualan foto di internet yaitu dengan mempelajari harga pasar. Anda harus tahu berapa kisaran harga yang dipasang oleh orang-orang yang juga berjualan foto di platform yang sama.

Itu akan membantu anda menentukan harga yang tepat. Karena jika terlalu mahal, pastinya para konsumen enggan untuk melirik. Sebaliknya, terlalu murah akan membuat keuntungan anda kurang maksimal. Yang paling penting adalah harga tersebut harus sesuai dengan kualitas dan keunikan foto yang anda tawarkan.

6. Konsisten

Konsisten adalah hal wajib dalam berbisnis, apapun itu yang anda jual. Jadi saat berjualan foto pun harus demikian. Akan lebih baik jika anda terus konsisten dalam mengunggah foto, misalnya sehari mengunggah satu foto, maka seterusnya pun tetap seperti itu.

Karena semakin banyak foto yang anda unggah di platform, maka akan semakin besar pula kemungkinan untuk salah satu foto tersebut terjual. Selain itu, kualitas foto yang diunggah juga harus konsisten dan tidak mengalami penurunan.

7. Lakukan Promosi

Supaya lebih banyak yang mengetahui foto-foto anda, maka anda perlu melakukan promosi. Bagaimana caranya? Manfaatkan media sosial. Media sosial adalah salah satu cara termudah untuk melakukan promosi di era digital.

Apalagi anda bisa memanfaatkan media sosial secara gratis untuk kebutuhan promosi tersebut. Tunjukkan portofolio berisikan foto-foto terbaik anda agar dapat menarik minat, dan jangan lupa tautkan link platform tempat anda menjualnya.

Itu dia beberapa tips memulai jualan foto di internet yang bisa diterapkan. Tunggu apa lagi? Yuk mulai unggah foto terbaik anda untuk dijual. Gunakan kuota besar harga hemat dari Indosat untuk memfasilitasi proses unggahnya. Tidak butuh waktu lama, foto anda pun sudah siap dijual.

Referensi:
https://www.megavision.net.id/blog/informasi/cara-jual-foto-di-internet
https://www.hostinger.co.id/tutorial/aplikasi-jual-foto-online
https://kiaton.kontan.co.id/news/panduan-cara-jual-foto-di-internet-beserta-syarat-mudahnya
Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url