Jenis-Jenis Magnet Silinder yang Harus Kamu Pahami



Jenis-Jenis Magnet Silinder

Jenis-Jenis Magnet Silinder - Di antara berbagai jenis magnet di pasaran, seperti magnet jarum dan magnet batang, magnet silinder adalah salah satu yang banyak digunakan. Aplikasinya sangat luas di berbagai industri, mulai dari industri otomotif hingga peralatan sanis.

Jika kamu membutuhkan benda berbentuk silinder yang dapat menarik benda lain dengan kuat, maka magnet silinder dapat menjadi solusinya. Tapi, apa itu magnet silinder dan seperti apa ciri-cirinya? Berikut sudah kami sajikan penjelasan selengkapnya.

Apa itu Magnet Silinder?

Dilansir dari MagnetShop, magnet silinder adalah magnet berbentuk bulat panjang seperti tabung atau silinder. Fungsinya adalah untuk menahan aplikasi yang memerlukan medan magnet lebih besar.

Magnet silinder terbuat dari campuran homogen dari bubuk magnet dan bahan lain seperti besi dan boron. Campuran tersebut kemudian dipadatkan menggunakan alat press hidrolik atau alat serupa pada cetakan silinder, seperti dikutip dari. AEMagnet.

Setelah itu, campuran magnet masuk ke proses sintering, yaitu pemanasan pada suhu sangat tinggi di dalam tungku. Pada proses inilah, partikel-partikel bahan magnet akan saling terikat dan menciptakan magnet yang padat dan kohesif.

Sebelum masuk proses quality control, magnet silinder yang yang sudah dipadatkan diberi lapisan pelindung khusus untuk meningkatkan daya tahan dan kekuatan tarikannya.

Biasanya, proses pelapisan tersebut menggunakan proses elektroplating dengan membiarkan lapisan tipis logam mengendap ke permukaan magnet. Setelah itu, magnet silinder masuk ke proses pemeriksaan mutu.

Magnet silinder yang sudah jadi diuji untuk memastikan magnet yang dihasilkan memenuhi spesifikasi yang diperlukan untuk ukuran, kekuatan, dan kinerja. Magnet silinder pun mampu menghasilkan jangkauan medan magnet yang lebih panjang. 

Ciri-ciri Magnet Silinder

Sebenarnya cukup mudah untuk membedakan magnet silinder dengan magnet jenis lainnya. Berikut ciri-ciri utama magnet silinder yang perlu kamu perhatikan saat memilihnya:

Bentuk

Seperti namanya, magnet silinder memiliki bentuk yang panjang dan bulat seperti tabung. Namun, ada pula bentuk pipih kecil.

Kekuatan Magnet

Meskipun ukuran permukaannya relatif kecil, namun magnet silinder umumnya memiliki daya tarik yang cukup kuat lho, terutama pada jenis neodymium.

Ketahanan

Ketahanannya terhadap suhu, korosi, dan demagnetisasi tergantung pada bahan yang digunakan untuk membuat magnet silinder tersebut.

Jenis-jenis Magnet Silinder di Pasaran

Terdapat 3 jenis magnet silinder yang populer digunakan, di antaranya:

1. Magnet Silinder Neodymium

Dikenal sebagai magnet silinder dengan kekuatan magnet paling kuat dan daya tarik tinggi. Kekuatan tariknya dilihat dari nilai Grade N##, semakin tinggi nilai N-nya, semakin bagus daya tariknya dan daya tahannya terhadap suhu.

Magnet neodymium silinder memiliki energi magnet intrinsik yang sangat tinggi, sehingga magnet mampu menyimpan energi magnetik dalam jumlah besar.

Namun, magnet jenis ini cenderung sensitif terhadap suhu tinggi dan dapat mengalami demagnetisasi jika terkena suhu di atas suhu maksimum yang ditentukan.

Biasanya, magnet neodymium digunakan pada motor listrik, speaker, dan sensor.

2. Magnet Silinder Ferrite

Lain halnya dengan magnet neodymium, ukuran magnet silinder lebih besar namun kekuatannya lebih lemah. Meski begitu, magnet ini memiliki daya tahan terhadap suhu dan korosi yang lebih baik.

Oleh karena itu, magnet silinder ferrite biasanya diaplikasikan di alat yang tidak memerlukan kekuatan magnet yang sangat tinggi.

Magnet Silinder Alnico

Dari kedua magnet silinder tadi, magnet alcino yang paling memiliki kekuatan magnet lebih lemah. Meski begitu, harganya cenderung lebih mahal karena sangat baik daya tahannya terhadap suhu dan korosi.

Permintaan terhadap magnet silinder alcino pun luas, terutama pada industri yang membutuhkan presisi, sensor suhu tinggi, dan aplikasi stabilitas suhu yang tinggi.

Itulah jenis magnet silinder dan ciri-cirinya. Kamu bisa mendapatkan magnet silinder berkualitas dan harga terjangkau di gaussmagnetindonesia.com, perusahaan spesialis besi dan magnet yang telah melayani konsumen dari berbagai industri dengan pengiriman ke seluruh wilayah di Indonesia.
Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url